Thursday, February 27, 2014

// // Leave a Comment

Syiah Dlm Berita : Koran Republika Melakukan Kesalahan Fatal

Syiah Dlm Berita : Koran Republika Melakukan Kesalahan Fatal

Peringatan Asyura Berjalan Aman

Sementara, acara di aula Al-Muthahari dihadiri oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Dalam sambutannya, gubernur meminta semua pihak agar saling menghormati satu sama lain dan mengembangkan pemahaman ajaran agama yang benar. “Kita ingin semua pihak hidup baik-baik dan mengembangkan pemahaman ajaran yang benar,” kata dia.

Heryawan menjelaskan mengenai ajaran Syiah yang menuai penolakan terjadi karena pemahaman publik diukur dari mainstream yang ada. Ia mengatakan, pemahaman ajaran agama yang benar adalah yang diukur oleh mainstream kebenaran.

Peringatan Asyura yang digelar IJABI sendiri sempat mendapat penolakan dari masyarakat.

Joko Suceno ed: abdullah sammy

Syiah Dlm Berita : Koran Republika Melakukan Kesalahan Fatal

REPUBLIKA hari ini 17 Nov 2013

Gubernur Jabar tak Hadiri Peringatan Asyura

Joko Suceno

BANDUNG - Kepala Biro Humas Pemprov Jabar Ruddy Gandakusumah mengatakan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan tak pernah menghadiri acara Peringatan Hari Asyura yang diadakan Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) di Jalan Kiaracondong, Kota Bandung, Kamis (14/11). Pernyataan tersebut sebagai bantahan atas pemberitaan Republika, Sabtu (16/11) yang menyebutkan gubernur hadir dalam acara tersebut.

Gubernur tidak pernah hadir di acara tersebut,” kata Ruddy kepada Republika, Sabtu (16/11).

Ruddy mengatakan, sejak Kamis (14/11) dini hari gubernur mengikuti serangkaian acara dimulai dengan sahur bersama pengurus PUI, mengikuti acara di Brimob Polda Jabar, Penghargaan Pencak Silat 5. Pada pukul 17.45, kata dia, gubernur buka puasa bersama di Gedung Pakuan. Sedangkan pada pukul 19.30-23.30 WIB, gubernur memberikan sambutan dalam acara tabligh akbar memperingati Tahun Baru Islam 1435 H tingkat Provinsi Jabar di Masjid Raya Bandung.

Jadi, tidak ada dalam agenda menghadiri acara di Jalan Kiaracondong,” ujar dia.

Dikatakan Ruddy, pada Jum’at (15/11), gubernur di Jakarta untuk merawat ayah mertuanya yang sedang sakit di RS Jantung Harapan Kita. Baru pada Sabtu pagi, tambah dia, gubernur kembali ke Bandung dan langsung menghadiri acara pelepasan kontingen Korpri Jabar ke Manado. ed: subroto

RALAT DAN PERMOHONAN MAAF

Terdapat kesalahan fatal dalam berita berjudul Peringatan Asyura Berjalan Aman yang dimuat di Harian Republika edisi Sabtu, 16 November 2013. Dalam berita itu disebutkan bahwa Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menghadiri peringatan Asyura di aula Al-Muthahari, Jalan Kiaracondong, Bandung. Faktanya, Ahmad Heryawan tidak pernah menghadiri acara tersebut.

Dengan ini kami meralat berita tersebut dan menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar. Bantahan atas berita itu juga dimuat dalam Harian Republika edisi Ahad, 17 November 2013.

Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada pembaca dan khususnya kepada Bapak Ahmad Heryawan atas kesalahan tersebut. Kami pun akan mengambil langkah-langkah internal agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.