Saturday, March 15, 2014

// // Leave a Comment

Yahudi di Iran Negeri Syiah

Yahudi di Iran Negeri Syiah



Pembawa Acara
Menit 01:25
Kita berkeliling di wilayah Tehran, kemudian aku melihat pintu ini, Synagog di Tehran, Yahudi di Iran, yang menarik perhatian sehingga aku masuk ke dalamnya untuk mencari tahu lebih jauh.
Di balik tembok ini (Synagog Yahudi) terdapat Yahudi yang melaksanakan keyakinannya.

Homayoun Sameyah
Ketua Komunitas Yahudi Tehran
Menit 01:60
Keadaan Yahudi Iran saat ini, bertolak berlakang dengan apa yang media asing tampilkan. Setelah (negara) Israel (yang memiliki) populasi Yahudi tertinggi, di Timur Tengah (populasi Yahudi tertinggi) berada di Iran.

Pembawa Acara
Menit 02:40
Iran memiliki lebih dari 25.000 populasi Yahudi terbesar di sebuah negeri Muslim (Syiah Rafidhah) di dunia.

Pembawa Acara
Menit 03:25
Tehran memiliki 26 Synagog dan ada sekitar lebih dari 100 Synagog di seluruh negeri Iran di mana Yahudi dapat menjalankan keyakinannya.

Shahab Shahami-Far
Guru (Yahudi)
Menit 04:00
Kami memulai dengan mengajarkan mereka dengan tulisan yahudi, kemudian kisah para Nabi, kisah-kisah di Taurat, konsep ilmu agama, pendidikan moral, yang bernilai banyak di dalam agama Yahudi. Di mana manusia seharusnya tidak hanya memiliki nilai dalam hubungannya dengan Tuhan (tapi juga moral), namun jika ia tidak berinteraksi dengan yang lainnya, sudah pasti ia juga akan memiliki masalah dalam hubungan dengan Tuhan-nya.

Pembawa Acara
Menit 04:40
Mengajarkan dan menjalankan agama Yahudi di 12 sekolah Yahudi, sekitar ada 3.000 Yahudi mengikuti sekolah di Iran

Pembawa Acara
Menit 04:55
Terdapat 4 sekolah Yahudi yang aktif di ibu kota Iran, Tehran.

Pembawa Acara
Menit 05:40
Ini adalah Parlemen Iran, kita akan mencoba untuk melihat apakah aku dapat menemui satu-satunya seorang Yahudi dalam (parlemen) pembuat (undang-undang) Islam (Syiah Rafidhah) di Iran dan hendak melihat hak seperti apa yang didapatkan oleh Yahudi di Iran.
Parlemen Iran mengizinkan orang-orang yang beragama (berkeyakinan) Tuhan yang tunggal (monotheism) untuk dapat menaruh wakilnya di parlemen, Yahudi Iran memiliki satu kursi di parlemen yang dipilih dari komunitasnya, sebagian besar lainnya adalah Kristen (Nashrani) dan Zoroaster (Majusi) setidaknya masing-masing memiliki satu kursi.

Dr. Ciamak Moresadegh
Anggota Parlemen (Yahudi) Iran
Menit 06:15
Jika kita membandingkan dengan Muslim (Syiah Rafidhah) Iran, untuk setiap 200.000 orang memiliki satu orang anggota (parlemen). Tapi dengan seluruh komunitas (Yahudi) yang berjumlah sekitar 20.000 – 30.000 orang dapat memiliki satu orang anggota parlemen yang dapat memiliki hak yang sama.

[https://www.youtube.com/watch?v=CPoeNf_rYVE]