Tuesday, January 13, 2015

// // Leave a Comment

Asset Khamenei Rahbar Iran Syiah

Asset Khamenei Rahbar Iran Syiah

Departemen Keuangan Amerika Serikat mengambil tindakan hari ini untuk mengekspos jaringan utama perusahaan “front” (pendirian anak perusahaan agar pemilik/owner perusahaan induk tidak terekspos) yang dikendalikan oleh Rahbar Iran. Pelaksanaan atas perintah Imam Khomeini (The Execution of Imam Khomeini’s Order/EIKO), melalui dua anak perusahaan utama, (yakni yang bertugas untuk) mengawasi labirin (jaringan) 37 perusahaan yang berpura-pura sebagai perusahaan swasta, kebanyakannya adalah perusahaan “front”. Tujuan dari jaringan ini adalah untuk menghasilkan dan mengendalikan secara masif, investasi off-the-book (hidden transactions), (sehingga) tertutupi dari penglihatan orang-orang Iran dan regulator-regulator internasional. EIKO dan anak-anak perusahaannya - salah satunya adalah yang mengelola dan mengendalikan perusahaan-perusahaan front internasional milik EIKO, dan satunya lagi yang mengelola miliaran dolar dalam investasi - bekerja atas nama Pemerintahan Iran dan beroperasi di berbagai sektor ekonomi Iran dan di seluruh dunia, dengan menghasilkan miliaran dolar keuntungan bagi rezim Iran setiap tahunnya. EIKO dan 37 perusahaan yang diidentifikasi saat ini akan dikenakan sanksi berdasarkan “Executive Order 13599”, yang memblokir property (asset) Pemerintahan Iran.

“Bahkan saat kondisi ekonomi di Iran memburuk, Rahbar Iran (mendapatkan) keuntungan dari jaringan bayangan off-the-book (hidden transactions) perusahaan front,” kata Wakil Menteri untuk Terorisme dan Intelijen Keuangan, David S. Cohen. “Pada saat Rahbar pemerintahan Iran bekerja untuk menyembunyikan miliaran dolar dalam keuntungan perusahaan, yang diperoleh dengan mengorbankan rakyat Iran, Treasury akan terus melanjutkan dalam mengekspos dan bertindak melawan upaya rezim untuk menghindari sanksi-sanksi kami dan melarikan diri dari isolasi internasional.”

EIKO telah menghasilkan puluhan miliaran dolar dalam keuntungan bagi rezim Iran setiap tahunnya melalui eksploitasi suku bunga pinjaman yang menguntungkan dari bank Iran dan penjualan serta pengelolaan kepemilikan real estate, termasuk menjual properti yang didonasikan ke EIKO. EIKO juga menyita properti-properti di Iran yang dimiliki oleh orang-orang Iran yang tidak bertempat tinggal di Iran secara full time. Selain menghasilkan pendapatan bagi Rahbar Iran, EIKO telah bertugas membantu penghindaran Pemerintah Iran atas sanksi-sanksi Amerika Serikat dan  internasional. Dikarenakan misi yang unik ini, EIKO telah menerima seluruh dana yang dibutuhkan untuk memfasilitasi semua transaksi melalui akses Rahbar Iran. Perusahaan-perusahaan berikut adalah bagian dari skema yang rumit ini :

Tosee Eqtesad Ayandehsazan Company (TEACO)


Pada bulan Juni 2010, Tosee Eqtesad Ayandehsazan Company (TEACO) telah diciptakan sebagai bagian dari strategi Iran untuk menghindari sanksi-sanksi Amerika Serikat dan internasional. EIKO menggunakan TEACO sebagai mekanisme utama untuk bertransaksi, mengelola, dan mengendalikan seluruh perusahaan internasional yang berada di bawah kendali EIKO. Untuk menjaga penampilannya sebagai perusahaan swasta, TEACO, berpura-pura dimiliki oleh pengusaha Iran baik swasta maupun investor; Namun anggota-anggota dewan TEACO semuanya dipilih oleh EIKO. TEACO bertindak atas nama EIKO. Hingga September 2011, EIKO bernegosiasi transaksi bisnis dengan menggunakan anak perusahaan TEACO. Sebagai contoh, EIKO menggunakan sebuah anak perusahaan Iran TEACO untuk menegosiasikan kesepakatan dengan sebuah perusahaan Eropa untuk membangun pabrik di Iran. Dalam kesepakatan bisnis tersebut, anak perusahaan TEACO langsung bernegosiasi dengan perusahaan asing. Jika perusahaan asing tidak melanjutkan kesepakatan dikarenakan permasalahan sanksi, maka anak perusahaan TEACO tersebut akan meminta TEACO untuk mengambil alih negosiasi, bukan EIKO, karena TEACO kurang nampak terhubung ke Pemerintah Iran.

Per Desember 2010, EIKO telah mengalihkan perusahaan-perusahaan kepemilikan Iran yang terletak di Eropa Tengah dari perusahaan Iran yang dikendalikan oleh EIKO, (yakni) Rey Investment Company ke TEACO. TEACO berencana untuk menggunakan perusahaan-perusahaan Eropa tengah ini untuk memfasilitasi transaksi-transaksi internasional di Eropa yang dinyatakan telah dilarang dengan sanksi-sanksi Amerika Serikat dan internasional. Perusahaan-perusahaan secara resmi dimiliki oleh ekspatriat Iran dengan kewarganegaraan ganda, yakni Iran-Eropa, untuk menyembunyikan hubungannya dengan Pemerintah Iran, EIKO, TEACO, dan Rey Investment Company.

Tadbir Economic Development Company (Tadbir Group)


Tadbir Group, adalah sebuah perusahaan investasi di bawah (kendali) EIKO, yang mengelola miliaran dolar dalam investasi, termasuk atas nama tokoh Rahbar Iran. Tadbir Group merupakan salah satu holding company utama milik EIKO. Anak perusahaannya meliputi Tadbir Investment Company, Modaber (Tadbir Industrial Holding Company), Tadbir Construction Development Company and Tadbir Energy Development Group. Tadbir Group telah menggunakan anak perusahaannya untuk melakukan investasi yang signifikan dalam perekonomian Iran, termasuk investasi lebih dari 100 juta dolar di dalam (perusahaan) Amin Investment Bank, serta mengendalikan Pardis Investment Company dan Mellat Insurance Company di Iran.

Rey Investment Company


Pada akhir Desember 2010, Rey Investment Company memiliki nilai sekitar 40 miliar dolar. Rey Investment Company sebelumnya dijalankan oleh Ayatullah Muhammad Muhammadi Reyshahri, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Intelijen dan Keamanan Iran. (Pendanaan) Rey Investment Company dikumpulkan dan diinvestasikan melalui sumbangan yang diperoleh dari kuil Syiah Iran. Namun, di tengah tuduhan akan kesalahan managemen dan penggelapan (uang) perusahaan (yang berasal dari) sumbangan kuil, Pemerintah Iran memotong pendanaan ke titik hampir membangkrutkan perusahaan. Pada pertengahan-ke-akhir 2010, Reyshahri telah dihapus dan pengendalian Rey Investment Company dialihkan ke EIKO dan direkturnya. EIKO kemudian menunjuk Manager Direktur baru Rey Investment Company.

Reyco GmbH


Reyco adalah anak perusahaan Jerman milik Rey Investment Company, meskipun tidak ada hubungan publik antara Reyco dan Rey Investment Company, TEACO, atau pun Pemerintah Iran. Reyco memiliki MCS Engineering dan MCS International. Reyco memiliki penampilan sebagai perusahaan murni Jerman untuk menghindari sanksi yang melarang sebuah entitas yang dikendalikan oleh pemerintah Iran yang memiliki kemampuan untuk melakukan bisnis di Eropa. Reyco akhirnya dialihkan ke (perusahaan) pengendali milik TEACO (yang berasal) dari Rey Investment Company, dan TEACO berencana menggunakan Reyco untuk membeli bank untuk Iran di Jerman.

MCS International GmbH (Mannesman Cylinder Systems)


MCS International yang (merupakan) anak perusahaan Reyco adalah sebuah perusahaan Jerman yang seolah-olah dimiliki oleh warga negara Jerman atau ekspatriat Iran dengan kewarganegaraan ganda Iran-Eropa untuk menyembunyikan hubungannya dengan Pemerintahan Iran, EIKO, TEACO, dan Rey Investment Company. MCS International telah diaudit oleh TEACO pada bulan Oktober 2010 dan ditetapkan sebagai (perusahaan) yang memiliki performa keuangan yang buruk. Namun, manajemen EIKO menyelamatkan MCS International dari kebangkrutan dan bersikeras untuk menjaga perusahaan tetap terbuka dikarenakan (EIKO) melihat MCS International sebagai kunci untuk memfasilitasi bisnis di Eropa. Manajemen EIKO melihat MCS International sebagai (perusahaan) yang sangat penting untuk rencana-rencana internasional EIKO dengan membiarkannya untuk bangkrut dan berkeyakinan bahwa akan lebih mudah untuk menyelamatkan MCS International dari kebangkrutan daripada mendirikan atau mengakuisisi perusahaan asing baru atas nama EIKO dikarenakan sanksi-sanksi Amerika dan internasional. EIKO kemudian memerintahkan tanggung jawab atas (perusahaan) MCS International dialihkan dari TEACO yang di bawah kendali EIKO kepada pengusaha Iran, yang dikirim untuk mengawasi perusahaan. Setelah pengalihan ini, (terdapat) dua individu (personal bukan perusahaan) yang memiliki saham MCS International, namun menjawab secara langsung melalui (perusahaan) EIKO.

MCS Engineering (Efficient Provider Services GmbH)


MCS Engineering yang (merupakan) anak perusahaan Reyco dan MCS International adalah sebuah perusahaan Jerman yang seolah-olah dimiliki oleh warga negara Jerman atau ekspatriat Iran dengan kewarganegaraan ganda Iran-Eropa untuk menyembunyikan hubungannya dengan Pemerintah Iran, EIKO, TEACO, dan Rey Investment Company. EIKO mengharuskan orang-orang Iran untuk digunakan dalam posisi manajemen, dengan lebih memilih orang yang berkewarganegaraan ganda Iran-Eropa, yang dapat menyembunyikan hubungan antara perusahaan dan Pemerintah Iran.

Golden Resources Trading Company L.L.C. (GRTC)


GRTC, sebuah perusahaan Iran yang berbasis di Dubai, telah dikendalikan oleh EIKO dan digunakan pada awal tahun 2011 dalam menyuntikkan 7,5 juta Euro dari EIKO ke MCS International. EIKO mengirimkan uang melalui GRTC di Dubai untuk didepositkan ke rekening bank di Jerman. Pemerintah Iran telah menggunakan GRTC untuk mentransfer uang secara internasional untuk menghindari sanksi-sanksi Amerika dan internasional. GRTC bertanggung jawab atas transfer dana-dana ke Eropa dan Afrika (yang dilakukan) oleh EIKO, dan anak perusahaannya, yakni Tadbir Group. EIKO mengandalkan GRTC untuk mentransfer uang dan mengamankan letter of credit atas nama perusahaan-perusahaan Iran yang dikendalikan di Eropa dan Afrika Selatan. Per Desember 2010, kontrol atas GRTC dialihkan dari Rey Investment Company ke TEACO oleh EIKO. GRTC telah mewakili sejumlah perusahaan Iran bersama afiliasinya, yaitu Pasukan Garda Revolusi Islam Syiah (IRGC). dan telah digunakan oleh IRGC untuk pengadaan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Cylinder System Ltd. (Cilinder Sistem DDO)


Cylinder System Ltd. adalah perusahaan yang berbasis di Kroasia yang telah dikendalikan oleh EIKO. Pada bulan Oktober 2010, TEACO menetapkan bahwa Cylinder Sistem Ltd telah melakukan kinerja yang buruk, dan EIKO memerintahkan (untuk mengganti) dengan manajemen yang baru. Cylinder System Ltd. kemudian dialihkan di bawah kendali TEACO dari Rey Investment Company. EIKO juga tertarik dalam pengadaan bank di Eropa Tengah dan dianggap menggunakan Cylinder System Ltd. untuk memfasilitasi transaksi ini.

One Vision Investments 5 (Pty) Ltd.


One Vision Investments 5 (Pty) Ltd adalah perusahaan yang berbasis di Afrika Selatan yang dimiliki oleh Rey Investment Company, tapi kemudian dialihkan di bawah kendali TEACO dalam rangka untuk menghindari keterkaitan dengan Pemerintah Iran. EIKO mengatur One Vision Investments 5 (Pty) Ltd dan menggunakan perusahaan tersebut untuk mentransfer dana-dana dari Iran secara internasional serta untuk memfasilitasi transaksi-transaksi keuangan melalui Afrika Selatan untuk menghindari sanksi-sanksi Amerika Serikat dan internasional.

One Class Properties (Pty) Ltd.


EIKO berencana menggunakan One Class Properties (Pty) Ltd yang berbasis di Afrika Selatan untuk membeli sebuah bank dan perusahaan asuransi. EIKO mengatur One Class Properties (Pty) Ltd melalui TEACO dalam rangka untuk menghindari keterkaitannya dengan Pemerintah Iran. Pemerintah Iran menggunakan One Class Properties (Pty) Ltd untuk mentransfer uang secara internasional dan untuk memfasilitasi transaksi-transaksi keuangan dalam menghindari sanksi-sanksi Amerika dan internasional. One Vision Investments 5 (Pty) Ltd memiliki 49 persen (saham) One Class Properties (Pty) Ltd, sedangkan Pemerintah Iran memiliki 51 persen.

[www.treasury.gov/press-center/press-releases/Pages/jl1968.aspx]