Friday, April 10, 2015

// // Leave a Comment

Mizan Penerbit Syiah Khomeini Rafidhah Iran

Mizan Penerbit Syiah Khomeini Rafidhah Iran

40 Hadis: Telaah Atas Hadis-Hadis Mistis dan Akhlak (Edisi Revisi & Lengkap) (POD)
oleh Imam Khomeini (Pendeta Syiah Rafidhah)

"Barang siapa menjaga umatku dengan empat puluh hadis sehingga umatku beroleh manfaat darinya, kelak pada hari kiamat ia akan dibangkitkan oleh Allah dalam keadaan sebagai seorang yang faqih lagi alim."

Itulah hadis Nabi Muhammad Saw, yang dikutip oleh Imam Khomeini untuk menjelaskan latar belakang penulisan buku ini. Dengan penguasaan perangkat keilmuan yang mumpuni, penghayatan írfan yang mendalam, dan pengungkapan yang memesona hati, Imam Khomeini berhasil membentangkan makna lahir dan makna batin yang terkandung dalam sabda-sabda suci Nabi Saw.

Buku ini menelaah 40 hadis yang membahas tema-tema inti spiritualitas Islam yang berkisar pada ma'rifah Allah (mengenal Allah), ma'rifah al-rasul (mengenal rasul), ma'rifah al-nafs (mengenal diri sendiri). Uraian-uraian di dalam buku ini tak sebatas tasawuf yang bersifat reflektif saja, tetapi juga mengajari kita tentang akhlak yang bersifat praktis, termasuk kiat-kiat menanamkan berbagai akhlak yang terpuji (al-akhlaq al-mahmudah) serta cara-cara mengobati kecenderungan akhlak yang tercela (al-akhlaq al-madzmumah).

Ditulis oleh seorang alim yang membaktikan seluruh hidupnya untuk ilmu dan perjuangan di jalan ALlah, buku ini sangat penting dibaca oleh siapa saja yang ingin mengenal kedalaman dan keluasan pandangan spiritual Islam dalam satu buku yang kompak.

Penerbit: Mizan Pustaka
Tahun Terbit: 2004
Halaman: 882 Halaman
Berat: 1.20 Kg
Format: Hardcover

[http://www.mizanstore.com/detailproduct/20323-40-Hadis-Telaah-Atas-Hadis-Hadis-Mistis-dan-Akhlak-Edisi-Revisi-Lengkap-POD]

Mizan Penerbit Syiah Khomeini Rafidhah Iran

Antara Al-Farabi dan Khomeini: Filsafat Politik Islam
oleh Imam Khomeini (Pendeta Syiah Rafidhah)

Belakangan ini perdebatan mengenai negara berdasarkan Islam mencuat kembali ke negeri kita. Meskipun demikian, wacana yang dikembangkan -- baik oleh yan gpro maupun yang kontra -- terasa kekurangan landasan filosofis yang memadai.

Buku ini mempersandingkan pemikiran politik Al-Farabi -- filosof politik Muslim par excellence dan sumber pemikiran politik para filosof Muslim terkemudian -- dan Ayatullah Khomeini, untuk beberapa tujuan. Pertama, ia memaparkan filsafat politik Al-Farabi yang belum banyak diketahui orang di negeri kita. Padahal, lebih dari itu, banyak peneliti yang percaya bahwa pemikiran tokoh ini merupakan suatu upaya yang cukup berhasil dalam mengakomodasikan ajaran-ajaran Islam ke dalam batang tubuh filsafat klasik, betapa pun kontroversialnya. Kedua, penyandingan ini dimaksudkan untuk melacak kemungkinan adanya akar-akar pemikiran wilayah al-faqih (kepemimpinan faqih) Ayatullah Khomeini dalam pemikiran Al-Farabi.

Dengan demikian, diharapkan pemahaman kita tentang salah satu konsep politik Islam kontemporer -- yang diduga akan masih memiliki pengaruh dalam wacana pemikiran politik Islam pada masa-masa mendatang -- ini menjadi lebih lengkap. Lagi pla, kegagalan ntuk memahami fenomena Republik Islam Iran dan Ayatullah Khomeini, serta pemikiran politik Islam pada umumnya, dikhawatirkan dapat berakibat munculnya konfirmasi terhadap stereotype negatif tentang negara Islam yang kadung terbentuk di kalangan yang menentangnya.

Meskipun pada dasarnya bersifat akademik dan deskriptif, kajian ini diharapkan dapat juga membantu kita untuk melihat ada-tidaknya peluang negara Islam -- dan, jika ada, pilihan bentuk yang kompatibel -- dengan zaman yang telah begitu jauh meninggalkan sumber-sumber Abad-Pertengahannya seperti saat ini.

Penerbit: Mizan Pustaka
Tahun Terbit: 2004
Halaman: 171 Halaman
Berat: 0.20 Kg
Format: Softcover

[http://www.mizanstore.com/detailproduct/20386-Antara-Al-Farabi-dan-Khomeini-Filsafat-Politik-Islam]